Home Random Page


CATEGORIES:

BiologyChemistryConstructionCultureEcologyEconomyElectronicsFinanceGeographyHistoryInformaticsLawMathematicsMechanicsMedicineOtherPedagogyPhilosophyPhysicsPolicyPsychologySociologySportTourism






Sumber Daya Alam Strategis

 

Indonesia merupakan salah satu negara yang sedang pembangunan di berbagai sektor. Salah satu komponen yang terlibat dalam pembangunan ialah sumber daya alam. Sumber daya alam merupakan salah satu komponen penting dalam pembangunan nasional selain sumber daya manusia. Indonesia merupakan produsen bahan-bahan mentah yang sangat berguna bagi berbagai macam industri. Bahan mentah seperti biji besi, emas, CPO, gas alam, dan sebagainya. Potensi sumber daya alam ini juga dimanfaatkan sebagai penggerak pembangunan.

 

Sebagai modal dasar pembangunan nasional sumber daya alam tersebut harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar dapat menyejahterakan seluruh penduduk Indonesia. Sumber daya alam yang tersedia di Indonesia saat ini ternyata belum dapat dimanfaatkan secara maksimal guna menyejahterakan rakyat Indonesia. Indonesia dalam mengekspor sumber daya alam masih banyak dalam bentuk mentah sehingga harganya pun cenderung lebih rendah.

 

Pemanfaatan sumber daya alam pun harus mendukung prinsip pembangunan berkelanjutan. Pembangunan berkelanjutan ialah pembangunan yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pada masa sekarang tanpa mengurangi kemampuan generasi yang akan datang untuk memenuhi kebutuhannya.


a. Hakikat Pembangunan Nasional

Hakikat pembangunan nasional adalah pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya. Pembangunan nasional adalah upaya untuk meningkatkan seluruh aspek kehidupan masyarakat, bangsa dan negara.

 

Pembangunan nasional diwujudkan dalam berbagai kegiatan salah satunya ialah kegiatan industri. Kegiatan industri merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengolah barang jadi atau setengah jadi. Kegiatan industri tidak akan berjalan tanpa adanya sumber bahan baku, energi, dan tenaga kerja.

 

Komponen bahan baku atau bahan mentah diperoleh dari berbagai macam sumber daya alam yang ada di Indonesia. Sama halnya dengan energi yang menjadi penggerak kegiatan perindustrian. Sumber energi juga diperoleh dari alam, yaitu melalui minyak bumi, gas alam, panas bumi, dan lainnya. Sumber-sumber energi tersebut terlebih dahulu diolah dan dijadikan bentuk lain yaitu bahan bakar minyak (BBM) dan listrik agar dapat digunakan untuk menggerakan mesin-mesin dalam kegiatan industri.

Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan untuk menunjang pembangunan nasional antara lain sebagai berikut.

No Jenis Kegiatan Hasil Kegiatan Tujuan Kegiatan
1. Industri Berbagai macam barang dan jasa Memenuhi kebutuhan masyarakat
2. Pertanian Berbagai macam hasil pertanian sumber pangan Memenuhi kebutuhan sandang dan pangan
3. Pertambangan Bahan tambang mineral logam, bukan logam, dan bahan tambang sumber energi. Memenuhi kebutuhan energi
4. Kehutanan Berbagai hasil hutan seperti kayu dan rotan Menambah devisa negara melalui kegiatan ekspor
5. Peternakan Menhasilkan berbagai jenis ternak seperti sapi, ayam, dan kambing Memenuhi kebutuhan daging dalam negeri

 




Date: 2016-03-03; view: 1104


<== previous page | next page ==>
http://active-mama.com/opyty-dlya-detej-v-domashnix-usloviyax.html | Sumber Daya Alam sebagai Modal Dasar Pembangunan
doclecture.net - lectures - 2014-2024 year. Copyright infringement or personal data (0.01 sec.)