Home Random Page


CATEGORIES:

BiologyChemistryConstructionCultureEcologyEconomyElectronicsFinanceGeographyHistoryInformaticsLawMathematicsMechanicsMedicineOtherPedagogyPhilosophyPhysicsPolicyPsychologySociologySportTourism






Bahaya Syirik Terhadap Iman dan Islam

Telah kita ketahui bahwa syirik merupakan perbuatan yang sangat keji dan kezhaliman yang paling besar. Syirik adalah perbuatan mensejajarkan makhluq dengan Allah Ta’ala. Para pelaku kesyirikan mempersembahkan amal ibadah kepada selain Allah, baik secara keseluruhan maupun sebagian. Hal ini merupakan penghancuran total terhadap tauhid yang merupakan pondasi utama Iman dan Islam. Dan Allah Ta’ala sangat murka kepada para pelaku kesyirikan, Allah Ta’ala berfirman :

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَالَّذِينَ هَادُوا وَالصَّابِئِينَ وَالنَّصَارَىٰ وَالْمَجُوسَ وَالَّذِينَ أَشْرَكُوا إِنَّ اللَّـهَ يَفْصِلُ بَيْنَهُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۚ إِنَّ اللَّـهَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ شَهِيدٌ ﴿١٧﴾ أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّـهَ يَسْجُدُ لَهُ مَن فِي السَّمَاوَاتِ وَمَن فِي الْأَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُومُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَابُّ وَكَثِيرٌ مِّنَ النَّاسِ ۖ وَكَثِيرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُ ۗ وَمَن يُهِنِ اللَّـهُ فَمَا لَهُ مِن مُّكْرِمٍ ۚ إِنَّ اللَّـهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاءُ ۩ ﴿١٨﴾ هَـٰذَانِ خَصْمَانِ اخْتَصَمُوا فِي رَبِّهِمْ ۖ فَالَّذِينَ كَفَرُوا قُطِّعَتْ لَهُمْ ثِيَابٌ مِّن نَّارٍ يُصَبُّ مِن فَوْقِ رُءُوسِهِمُ الْحَمِيمُ ﴿١٩﴾ يُصْهَرُ بِهِ مَا فِي بُطُونِهِمْ وَالْجُلُودُ ﴿٢٠﴾ وَلَهُم مَّقَامِعُ مِنْ حَدِيدٍ ﴿٢١﴾ كُلَّمَا أَرَادُوا أَن يَخْرُجُوا مِنْهَا مِنْ غَمٍّ أُعِيدُوا فِيهَا وَذُوقُوا عَذَابَ الْحَرِيقِ﴿٢٢﴾ إِنَّ اللَّـهَ يُدْخِلُ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِن تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ يُحَلَّوْنَ فِيهَا مِنْ أَسَاوِرَ مِن ذَهَبٍ وَلُؤْلُؤًا ۖوَلِبَاسُهُمْ فِيهَا حَرِيرٌ ﴿٢٣﴾وَهُدُوا إِلَى الطَّيِّبِ مِنَ الْقَوْلِ وَهُدُوا إِلَىٰ صِرَاطِ الْحَمِيدِ ﴿٢٤﴾



Sesungguhnya orang-orang yang beriman, orang-orang Yahudi, orang-orang Shaabi-iin[agama asli bangsa Babilonia yang menyembah bintang], orang-orang Nasrani, orang-orang Majusi dan orang-orang musyrik, Allah akan memberi keputusan di antara mereka pada hari kiamat. Sesungguhnya Allah menyaksikan segala sesuatu. Apakah kamu tiada mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud apa yang ada di langit, di bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, pohon-pohonan, binatang-binatang yang melata dan sebagian besar daripada manusia? dan banyak pula di antara manusia yang telah ditetapkan azab atasnya karena tidak mau sujud kepada Allah, dan barangsiapa yang dihinakan Allah maka tidak seorangpun yang memuliakannya. Sesungguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki. Inilah dua golongan (golongan mukmin dan golongan kafir) yang bertengkar, mereka saling bertengkar mengenai Tuhan mereka. Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari api neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka. Yang mana dengan air itu dihancur luluhkan segala apa yang ada dalam perut mereka dan juga kulit (mereka). Dan untuk mereka cambuk-cambuk dari besi. Setiap kali mereka hendak ke luar dari neraka lantaran kesengsaraan mereka, niscaya mereka dikembalikan ke dalamnya. (kepada mereka dikatakan), “Rasakanlah azab yang membakar ini”. Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang beriman dan mengerjakan amal yang saleh ke dalam surga-surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. di surga itu mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka adalah sutera. Dan mereka diberi petunjuk kepada ucapan-ucapan yang baik dan ditunjuki (pula) kepada jalan (Allah) yang Terpuji”. {QS. Al Hajj (22) : 17-24}

Begitulah Allah Ta’ala menerangkan betapa murkanya Dia terhadap orang-orang yang berbuat syirik. Sementara dengan kemahabesaran-Nya segala yang di langit dan bumi, gunung-gunung, bintang, bulan dan matahari sujud kepada-Nya. Kemudian orang-orang musyrik justru mensejajarkan Allah Ta’ala dengan makhluk-Nya dengan mempersembahkan ibadah kepada mereka disamping meyembah Allah Ta’ala. Ini merupakan penghinaan terhadap kemuliaan Allah dan merupakan kezhaliman yang paling besar.

Maka pantaslah jika Allah Ta’ala menyiapkan adzab yang sangat pedih dan mengerikan bagi mereka dan segala amal kebaikan yang mereka kerjakan di dunia tidak akan berguna untuk menolong mereka dari adzab Allah.

Macam-Macam Syirik

Meskipun syirik itu begitu gambling kekejiannya, namun tetap saja banyak orang yang terkecoh dan terjatuh dalam perbuatan syirik. Hal ini dikarenakan kamuflase syaithan dalam menyuguhkan penawaran untuk orang yang beriman agar berbuat syirik dengan berbagai macam penawaran. Oleh karena itu, para ulama Ahlus Sunnah membagi syirik dalam tiga macam agar kaum muslimin mudah mendeteksi sedini mungkin tipu muslihat syaithan ini. Tiga macam syirik itu ialah :

Syirik Akbar

Yaitu perbuatan syirik dengan meyakini dan memberlakukan selain Allah Ta’ala sebanding dengan-Nya. Seperti sujud kepada selain Allah, Thawaf di kuburan yang dianggap keramat dengan niat memuliakan kuburan itu seperti orang yang thawaf di Ka’bah untuk ibadah kepada Allah, tawakal kepada selain Allah dengan menyandarkan keselamatan hidup padanya. Misalnya menyandarkan keselamatan hidup kepada keris yang diyakininya memiliki kesaktian untuk menangkal bahaya. Sehingga keris itu diperlakukan khusus, seperti dimandikan pada waktu tertentu dengan ritual tertentu pula. Taubat untuk selain Allah yaitu ketika orang bertaubat dari dosa-dosanya karena takut kepada seseorang yang diyakini memiliki kekuatan yang bisa mengawasi gerak-geriknya di manapun dia berada. Cinta dan benci untuk selain Allah yaitu cinta yang sampai pada tingkatan menghinakan diri dihadapan orang yang dicintainya demi memperoleh kasih sayang dari selain Allah. Sehingga dia membenci siapa saja yang menghalangi cintanya kepada pujaan hatinya hingga siap berkorban jiwa raga demi orang yang dicintainya selain Allah itu. Takut yang berlebihan kepada selain Allah, dengan keyakinan bahwa yang dia takuti selain Allah itu dapat membahayakan dirinya. Sehingga dipersembahkan kepada pihak yang ditakuti selain Alla itu berbagai peribadatan. Dan masih banyak lagi perbuatan syirik akbar lainnya. Yang mana apabila seseorang terjatuh ke dalam perbuatan syirik akbar, maka keimanan dan keislamannya menjadi batal. Sehingga untuk bertaubat dari perbuatan tersebut, dia harus memperbaiki syahadatnya dengan niat memperbaharui keislamannya.

Syirik Asghar

Yaitu syirik yang lebih kecil dari syirik akbar, yang tidak menggugurkan keimanan dan keislaman seseorang. Meskipun demikian, syirik asghar adalah perbuatan yang lebih keji dan lebih besar dosanya daripada dosa-dosa besar selain syirik sepeti berzina, minum khamr, berjudi, mencuri, membunuh, dan dosa besar lainnya. Sehingga jika seseorang melakukan syirik asghar, maka akan merusak dan menurunkan tingkat keimanan dan keislaman seseorang. Lebih-lebih amalan ibadah yang tercampur oleh perbuatan syirik asghar, maka amalan tersebut sia-sia di sisi Allah. Yang termasuk perbuatan syirik asghar yaitu riya’ (beramal supaya dipuji atau dilihat orang lain), sum’ah (beramal supaya didengar lain sehingga mendapat pujian dari orang lain).

Dan termasuk kategori syirik asghar ialah meyakini keselamatan rumahnya dari pencurian karena dijaga oleh anjing piaraannya, padahal keselamatan itu anugerah dari Allah Ta’ala semata. Oleh karena itu, janganlah mengatakan : “untung ada anjing piaraan saya sehingga maling tidak berani masuk ke rumah say”. Tetapi katakanlah : “Alhamdulillah di sini ada anjing piaraan saya, sehingga maling itu takut masuk ke rumah saya”. Dan termasuk syirik asghar ialah berdoa kepada Allah Ta’ala di kuburan Nabi atau Wali Allah dengan disertai keyakinan bahwa doa yang dipanjatkan di situ lebih didengar oleh Allah Ta’ala. Sedangkan berdoa kepada kuburan Nabi atau Wali Allah itu adalah syirik akbar. Dan termasuk kategori syirik asghar itu ialah meyakini bahwa kesembuhan dari penyakit karena obat tertentu. Padahal kesembuhan dari penyakit apapun hanyalah dari Allah Ta’ala, dan obat harus diyakini sebagai sebab yang Allah pilih untuk kesembuhan penyakitnya.

Syirik Khofi

Yaitu syirik yang lebih tersembunyi dari syirik asghar, di mana syirik jenis ini digambarkan oleh Nabi Shalallahu ‘alaihi wa sallam dalam sabdanya :

“Syirik itu lebih tersembunyi di dalam hati daripada langkahnya seekor semut” (HR. Abu Ya’la dalam musnadnya dan Ibnul Mundzir dari shahabat Hudzaifah bin Al Yaman dari Abu Bakar Ash-Shidiq radhiyallahu ‘anhum)

Syaithan mampu masuk ke urat nadi bani Adam dan menyelinap dalam hati dan pikiran. Kemudian ia membisikkan kepadanya berbagai ajakan untuk berbuat syirik dan kufur. Sehingga kalau seorang Muslim tidak peka dalam mendeteksi adanya ajakan syaithan itu, maka tanpa dia sadari terjatuh ke dalam keyakinan atau perbuatan syirik. Oleh karena itu, setiap Muslim wajib membekali dirinya dengan ilmu Al Qur’an dan As-Sunnah agar terus meningkat kewaspadaannya dari bahaya syirik khofi tersebut.

Demikianlah bahaya syirik yang bisa merusak atau bahkan menghancurkan keimanan dan keislaman seseorang. Karena itu, setiap Muslim wajib mengoreksi keimanan dan keislamannya dari kemungkinan rongrongan syirik dan kufur. Dan Allah Ta’ala telah membimbing kita untuk selalu berdoa dalam setiap rekaat shalat dengan doa :

 

اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ ﴿٦﴾ صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ ﴿٧﴾

Tunjukilah Kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai (yaitu jalan hidup orang-orang Yahudi yang menyembah Uzair, di mana mereka semangat menuntut ilmu agama namun tidak beramal dengannya) dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat (yaitu orang-orang Nashara yang menyembah orang yang disalib, di mana mereka semangat dalam beramal tapi didukung dengan ilmu agama)”. {QS. Al Fatihah (1) : 6-7}

Jika shalat wajib dalam lima waktu kita kerjakan tujuh belas rekaat, maka kita berdoa kepada Allah dengan doa ini minimal tujuh belas kali dalam sehari semalam. Apalagi kalau ditambah dengan shalat sunnah, tentu lebih banyak lagi kita berdoa kepada Allah dengan doa tersebut. Yang demikian itu karena detik-detik kehidupan kita tidak akan lepas dari bayang-bayang ancaman perbuatan syirik dan kufur yang akan merusak Iman dan Islam.


Date: 2015-12-17; view: 807


<== previous page | next page ==>
Syirik Merusak Hubungan Sosial Manusia | Prinsip-Prinsip Ahlussunnah Wal Jama’ah
doclecture.net - lectures - 2014-2024 year. Copyright infringement or personal data (0.009 sec.)